Cara Mudah Membuat Scroll Bar Pada Widget Arsip Blog

     Blog Archive (Arsip Blog) adalah daftar artikel yang telah kita publikasikan yang dapat diurutkan sesuai tanggal, bulan maupun tahun. Blog Archive merupakan widget yang sangat penting yang harus terpasang pada setiap blog, agar mempermudah pengunjung menemukan artikel yang kita tulis. Selain itu, memasang Blog Archive juga berpengaruh terhadap SEO dan agar terindeks Search Engine. Namun, semakin banyak artikel yang kita tulis, maka semakin melebar ke bawah urutan artikel kita tersebut. Hal ini membuat blog kita terlihat menjadi tidak professional dan sangat jelek.
     Untuk membuat Blog Archieve agar tidak terlalu panjang, maka kita memerlukan Scroll Bar. Scroll Bar (Baris Penggulung) merupakan sebuah kotak yang digunakan untuk menggeser layar secara vertikel atau horizontal agar dapat menemukan isi atau konten yang tersembunyi. Adapun fungsi dari Scroll Bar adalah untuk menghemat pemakaian ruang agar tidak terlalu melebar atau memanjang. Agar blog menjadi professional.
BACA JUGA ARTIKEL TENTANG :
3. Cara Membuat Tabel di Blog
     Sebenarnya cara untuk membuat Scroll Bar tergolong cukup mudah. Namun jika agan berada dihalaman ini, besar kemungkinan agan belum mengetahui bagamana cara membuat Scroll Bar pada arsip blog. Oleh karena itu pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang "Cara Mudah Membuat Scroll Bar pada Archive Blog
Adapun langkah kerja yang harus agan lakukan pada saat ingin membuat Scroll Bar adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke "Blogger"
  2. Pilih "Template"
  3. Pilih "Edit HTML"
  4. Tekan CTRL+ F pada keyboard, kemudian masukkan ]]></b:skin> pada kolom Search, kemudian tekan Enter. Jika kode berwarna merah tersebut ketemu, maka akan ditandai dengan tulisan berwarna kuning.
  5. Copy semua kode yang ada di bawah ini, lalu paste tepat di atas kode ]]></b:skin>
    #BlogArchive1 .widget-content{
    height:300px;
    width:auto;
    overflow:auto;
    }
  6. Kemudian simpan template
  7. Cek arsip pada blog agan, jika berhasil maka akan nampak seperti gambar berikut

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to " Cara Mudah Membuat Scroll Bar Pada Widget Arsip Blog "

  1. Makasih tips nya gan :D
    bisa diterakan di blog ane nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp,, selamat menerapkan pada blog agan.. dengan begitu blog agan bakal terlihat lebih professional ;)

      Delete
  2. Nah! Ini nih! Saya sedang nyari ini tapi bingung nulis keyword-nya. Untunglah saya ketemu blog ente ini, gan. Terimakasih, saya terbantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya turut merasa senang mendengarnya gan,, terimakasih telah berkunjung,, jika gagal memasang scroll bar dengan cara di atas, ane masih punya cara yg lain... tapi cari di atas udah ane coba dan work

      Delete
  3. Bemanfaat gan, bisa ane coba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo gan,, semoga berhasil, dan seandainya tidak work ane masih punya script yg lainnya :)

      Delete

Saya sangat senang sekali, apabila agan yang sedang berkunjung ke blog saya, memberikan komentar pada setiap artikel yang telah agan baca. Berikanlah komentar dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan meninggal link hidup atau mati (SPAM)