Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog

     Bagi seorang blogger, mengetahui jumlah kata yang ditulis pada setiap artikel merupakan hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari artikel yang akan kita terbitkan. Menurut informasi yang saya dapatkan, suatu artikel dapat dikatakan berkualitas jika memuat minimal 400-500 kata pada setiap artikelnya. Untuk menghitung jumlah kata sebanyak itu, tentu bukan pekerjaan yang mudah jika dilakukan secara manual. 
    Sebenarnya ada 2 cara mudah dan cepat untuk meghitung dan mengetahui jumlah kata yang kita tulis pada setiap artikel, yaitu secara online (menggunakan koneksi internet) dan offline (tanpa menggunakan koneksi internet).

Cara Online
     Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, cara online adalah cara yang hanya bisa dilakukan jika agan tersambung ke jaringan internet. Disini saya merekomendasikan 2 situs aplikasi web yang dapat agan gunakan untuk mengetahui dan menghitung jumlah kata yang agan tulis pada artikel blog agan, yaitu:
1. Word Count Tool.
   Word Count Tool merupakan aplikasi web yang menyediakan layanan untuk mengetahui jumlah kata, karakter, paragaraf, dan keunikan kata. Cara menggunakan aplikasi web ini sangatlah mudah, yaitu:
a. Pertama-tama masuk ke situs www.wordcounttools.com 
b. Selanjutnya "Copy" semua kata dari artikel yang ingin agan ketahui jumlahnya
c. Kemudian "Paste" di kolom Word Count Tool yang telah disediakan.
d. Disamping kolom Word Count Tool akan ada tulisan Words, misalnya words 223. nah 223 merupakan jumlah kata yang terdapat pada artikel agan

2. Word Counter.
   Sebenarnya Word Counter ini hampir mirip dengan Word Count Tool, hanya saja yang membedakannya adalah dapat mengecek keyword yang akan digunakan untuk judul pada setiap postingan blog agan. Cara penggunaanya pun juga :
a. Masuk ke situs www.wordcounter.net
b. Setelah itu "Copy" semua kata dari artikel yang ingin agan ketahui jumlah katanya
c. Selanjutnya "Paste" kata dari artikel tadi pada kolom word counter
d. Setelah agan paste, akan muncul sebuah pemberitahuan, misalnya 223 words 1,502 characters. 223 menunjukkan jumlah kata dan 1,502 menunjukkan jumlah karakter

Cara Offline
     Selain cara online, menghitung jumlah kata juga dapat dilakukan secara offline. Cara ini dinilai cara yang paling mudah karena agan tidak perlu menggunakan koneksi internet. Aplikasi yang digunakan pun merupakan aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, yaitu Microsoft Word. Dengan menggunakan Microsoft Word, agan dapat melihat jumlah kata, karakter, dan paragraf. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, yaitu:
1. Jalankan aplikasi microsoft word
2. Pilih menu "Review"
3. Kemudian pilih "Word Count"
4. Setalah itu akan muncul sebuah kotak kecil dan carilah tulisan Words. Angka yang mucul pada Words merupakan jumlah kata yang ditulis pada artikel agan.

#ENDING
     Demikianlah 2 cara mudah untuk menghitung dan mengetahui jumlah kata pada artikel blog agan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pengunjung dan dapat membuat artikel blognya menjadi berkualitas. Dengan menerbitkan artikel yang berkualitas, artikel kita akan cepat terindeks oleh mesin pencari seperti google. Cara ini bukan hanya bermanfaat dalam hal menghitung jumlah kata pada artikel blog saja, tetapi juga dapat digunakan untuk keperluan tugas sekolah, membuat novel, cerita pendek , dan sebagainya yang menargetkan jumlah kata yang ditulis. 
     Oke, sebelum agan menutup halaman ini. Silahkan tekan tombol share dan tinggalkan komentar atau saran guna menambah semangat admin untuk berkarya. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog "

  1. bagus mak. tapi tolong pengisian kolom2 saat mendaftar di kasih tau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas saran yang sangat berguna untuk kemajuan blog auk gan :D

      Delete

Saya sangat senang sekali, apabila agan yang sedang berkunjung ke blog saya, memberikan komentar pada setiap artikel yang telah agan baca. Berikanlah komentar dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan meninggal link hidup atau mati (SPAM)