STOP!! Jangan Menceritakan Mimpi Buruk Kepada Orang Lain dan Menafsirkannya

     Jangan Ceritakan Mimpi Buruk Anda Ke Orang Lain dan Menafsirkannya - Mimpi tidak hanya terjadi pada orang awam seperti kita saja, tetapi juga dialami oleh para nabi dan rasul ketika tidur. Namun yang perlu kita garis bawahi adalah : "Kebanyakan mimpi yang dialami manusia awam adalah dikarenakan campur tangan syeitan, sehingga tidak jarang seseorang mengalami mimpi buruk, misalnya kehilangan orang yang kita sayangi dan mimpi buruk lainnya yang membuat hati kita menjadi takut dan sedih. Sedangkan mimpi yang dialami oleh para nabi dan rasul adalah petunjuk atau wahyu dari ALLAH SWT.
     Mimpi dibagi menjadi 3 macam, yaitu 1). Mimpi baik yang datang dari ALLAH, 2). Mimpi buruk yang ditimbulkan oleh campur tangan syeitan,  3). dan mimpi yang disebabkan karena kondisi jiwa. Hal ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا هَوْذَةُ بْنُ خَلِيفَةَ حَدَّثَنَا عَوْفٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ فَبُشْرَى مِنْ اللَّهِ وَحَدِيثُ النَّفْسِ وَتَخْوِيفٌ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِنْ رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا تُعْجِبُهُ فَلْيَقُصَّ إِنْ شَاءَ وَإِنْ رَأَى شَيْئًا يَكْرَهُهُ فَلَا يَقُصَّهُ عَلَى أَحَدٍ وَلْيَقُمْ يُصَلِّي

Artinya: 
     Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakar bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Haudzah bin Khalifah] telah menceritakan kepada kami ['Auf] dari [Muhammad bin Sirin] dari [Abu Hurairah] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Mimpi ada tiga macam, yaitu; kabar gembira dari Allah, (mimpi yang di sebabkan) dari kondisi kejiwaan, dan rasa takut yang di timbulkan oleh syetan untuk menakut-nakuti. Jika salah seorang dari kalian bermimpi dengan mimpi yang menyenangkan dirinya, maka hendaknya ia menceritakannya jika dirinya mau, dan jika ia bermimpi tentang sesuatu yang di bencinya, maka hendaknya ia tidak menceritakan kepada siapapun, dan hendaknya ia segera bangkit untuk mengerjakan shalat." [HR. Imam Ibnumajah (Hadits Nomor 3896)].

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG
1. Do'a Agar Mendapatkan Mimpi Indah
2. Do'a Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur
3. Do'a Ketika Mendapatkan Mimpi Indah Dan Mimpi Buruk

    Dalam kandungan hadits di atas, rasulullah SAW juga memerintahkan kepada kita agar tidak menceritakan mimpi buruk kepada orang lain. Hal ini dikarenakan, mimpi buruk berasal dari ulah syeitan yang berusaha untuk mempermainkan perasaan dan akal manusia. Dalam hadits lain rasulullah bersabda yang berbunyi:

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ وَهُوَ يَخْطُبُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْتُ الْبَارِحَةَ فِيمَا يَرَى النَّائِمُ كَأَنَّ عُنُقِي ضُرِبَتْ وَسَقَطَ رَأْسِي فَاتَّبَعْتُهُ فَأَخَذْتُهُ فَأَعَدْتُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا لَعِبَ الشَّيْطَانُ بِأَحَدِكُمْ فِي مَنَامِهِ فَلَا يُحَدِّثَنَّ بِهِ النَّاسَ

Artinya:
     Telah menceritakan kepada kami [Ali bin Muhammad] telah menceritakan kepada kami [Abu Mu'awiyah] dari [Al A'masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] dia berkata, "Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika beliau sedang berkhutbah, laki-laki itu berkata, "Wahai Rasulullah, tadi malam aku bermimpi leherku dipenggal sehingga kepalaku pun terlepas, lalu aku mencarinya, ketika kudapatkan kepala tersebut aku pasang kembali ke tempatnya semula." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: "Apabila setan mempermainkan seseorang di antara kalian dalam tidurnya, maka hendaknya ia tidak menceritakannya kepada orang-orang." [HR. Imam Ibnumajah (Hadits Nomor 3902)].

     Menceritakan mimpi buruk ke orang lain dilarang oleh nabi Muhammad SAW karena ditakutkan orang lain akan menafsirkan atau mentakwilkan mimpi tersebut menurut pendapat masing-masing orang, sehingga tidak jarang menimbulkan fitnah, menambah rasa takut dan gelisah bagi orang yang mengalami mimpi buruk tersebut. Selain itu, menafsirkan mimpi akan membuat kemungkinan mimpi tersebut menjadi nyata. Hal ini sesuai hadits nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ وَكِيعِ بْنِ عُدُسٍ الْعُقَيْلِيِّ عَنْ عَمِّهِ أَبِي رَزِينٍ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الرُّؤْيَا عَلَى رِجْلِ طَائِرٍ مَا لَمْ تُعْبَرْ فَإِذَا عُبِرَتْ وَقَعَتْ قَالَ وَالرُّؤْيَا جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ قَالَ وَأَحْسِبُهُ قَالَ لَا يَقُصُّهَا إِلَّا عَلَى وَادٍّ أَوْ ذِي رَأْيٍ

Artinya:
     Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakar] telah menceritakan kepada kami [Husyaim] dari [Ya'la bin 'Atha] dari [Waki' bin 'Udus Al 'Uqaili] dari pamannya [Abu Razin], bahwa dia mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Mimpi itu berada di kaki burung selama tidak di ta'birkan (ditafsirkan), jika dita'birkan bisa jadi mimpi itu akan terjadi." Beliau menambahkan: "Mimpi adalah satu bagian dari empat puluh enam bagian kenabian." Abu Razin berkata, "Menurutku beliau juga mengatakan: "Janganlah seseorang menceritakannya kecuali kepada orang yang dicintainya atau orang yang mengerti." [HR. Imam Ibnumajah (Hadits Nomor 3904)].


#ENDING
     Dari penjelasan di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW melarang agar kita menceritakan dan menafsirkan mimpi buruk. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga memberikan tuntunan kepada kita ketika mengalami mimpi buruk, agar syeitan yang menggangu tidur kita segera pergi dan mimpi tersebut tidak membahayakan. Hal ini dijelaskan melalui sebuah hadits yang berbunyi:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ الْمِصْرِيُّ أَنْبَأَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

Artinya:
     Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Rumh Al Mishri] telah memberitakan kepada kami [Al Laits bin Sa'd] dari [Abu Az Zubair] dari [Jabir bin Abdullah] dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: "Jika salah seorang dari kalian bermimpi sesuatu yang di bencinya, maka hendaknya ia meludah ke sisi kiri (tubuhnya) tiga kali dan membaca ta'awudz (memohon perlindungan) kepada Allah dari godaan syetan tiga kali, serta merubah posisi badannya (dari posisi tidurnya semula) saat itu." [HR. Imam Ibnumajah (Hadits Nomor 3898)].

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to " STOP!! Jangan Menceritakan Mimpi Buruk Kepada Orang Lain dan Menafsirkannya "

  1. Bagus artikel nya gan, baru tau kalau mimpi buruk gak boleh diceritain, tapi kali udah diceritain gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tidak menjadi kenyataan gan, dan jangan diulang lagi :D

      Delete
  2. wah keren artikel ini gan, ia bang klo udh kadung cerita gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidak menjadi kenyataan gan, dan yg paling terpenting setalh mengetahui hal ini, jgn lagi menceritakannya. Kemudian beritahu jg org2 terdekat agan tentang hal ini. :D

      Delete
  3. artikelnya sangat bagus, menambahkan saya pengetahuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau begitu gan.. kasih tahu jg kepada keluarga terdekat agan, agar tidak melakukan hal ini lg :D

      Delete
  4. masyaallah.,.,., info yang sangat membantu sekali dalam pengatahuan.,,.


    yulianto gasobi
    http://galeriindonesiakaya.blogspot.co.id/2017/02/8-danau-jambi-yang-indah-dan-menarik.html

    ReplyDelete
  5. keren gans artikelnya, saya jadi tau kalok tidak baik kalok menceritakan mimpi buruk ke orang lain

    ReplyDelete
  6. Ane malah sering banget ceritain ke temen sekolah, tapi kalo mimpi buruk sih gak pernah, hehehe

    ReplyDelete
  7. bagus artikelnya gan, jadi menambah wawasan hehe lanjutkan terus

    ReplyDelete
  8. Waduh ane kadang ceritain kalau mpi bruk.
    Nice info min

    ReplyDelete
  9. owh... artikelnya bermanfaat sekali, kak..
    sepertinya bisa kalu saya jadikan referensi..

    ReplyDelete

Saya sangat senang sekali, apabila agan yang sedang berkunjung ke blog saya, memberikan komentar pada setiap artikel yang telah agan baca. Berikanlah komentar dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan meninggal link hidup atau mati (SPAM)